Inilah Negara Penghasil Kopi Terbesar Di Dunia

Minuman yang paling populer di dunia adalah kopi, siapa yang tak tau dan tak kenal kopi? Kopi adalah jenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi. Kopi merupakan komoditas perkebunan unggulan yang telah banyak dibudidayakan oleh berbagai negara. Biasanya kopi dikonsumsi pada pagi hari ataupun sore hari, sembari menikmati roti dan gorengan.

Kopi memiliki kandungan Kafein yang tinggi, secangkir kopi yang kita konsumsi dapat mengandung kafein sebanyak 85mg. Pada dasarnya, Kafein berperan untuk meningkatkan kerja psikomotor sehingga tubuh kita tetap terjaga dan memberikan efek fisiologis yaitu berupa peningkatan energi. Selain kafein, kopi juga mengandung berbagai senyawa antioksidan yang berfungsi untuk membantu tubuh dalam menangkal efek pengrusakan oleh radikal bebas. Ngomongin masalah kopi, kira-kira kamu tau gak nih negara-negara mana saja yang menjadi penghasil kopi terbesar? Kalau kamu belum tau, kita simak sama-sama yuk artikel ini.

1. Brasil

Negara penghasil kopi terbesar pertama adalah Brazil. Tak hanya kaya akan keindahan alam dan wisatanya saja lho, ternyata negara ini menjadi negara penghasil kopi terbesar dan terbaik di dunia pertama. Brazil memiliki lahan yang luas, itulah yang menjadikannya sebagai produsen dan eksportir kopi paling besar di dunia. Selama lebih dari 150 tahun, Brazil menjadi produsen kopi terbaik. Bahkan per tahunnya, Brazil memproduksi sekitar 54 juta karung kopi untuk kemudian didistribusikan ke seluruh dunia.

Brazil telah mendominasi pasar ekspor sejak tahun 1830. Hingga saat ini, Brazil berhasil menguasai sekitar 30% dari pasar kopi global dan persentase ini ternyata jauh melebihi negara-negara lain yang berada di bawahnya. Selain menjadi pusat penjualan kopi dunia, Brazil ternyata merupakan produsen kopi Arabica terbesar di dunia karena 80% kopi dari Brazil merupakan kopi Arabica.

2. Kolombia

Kopi ternyata telah dikembangkan di Kolombia sejak tahun 1790 dan dibawa oleh misionaris Eropa. Kopi kolombia ini sangat kaya akan cita rasa yang begitu baik. Kopi-kopi terbaik di dunia berasal dari negara Kolombia karena pekerjanya mampu menjaga kualitas biji-biji kopi yang sedang dipanen. Tidak hanya itu, Kolombia juga memiliki kopi yang berkarakter dengan biji kopi yang berkualitas tinggi. Meski pada tahun 2014 perubahan iklim mengurangi produksi kopi, Kolombia tetap berperan dalam permainan kopi internasional. Pada tahun 2015, produksi kopi dari Kolombia adalah sekitar 810 ribu ton yang naik 10 ribu ton dari tahun sebelumnya.

3. Indonesia

Sebagai masyarakat Indonesia, kita patut berbangga bahwa ternyata Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Terkenal dengan nama kopi jawa (Java Coffee), kopi masuk ke Indonesia dibawa oleh bangsa Belanda pada tahun 1669. Tanaman kopi generasi pertama di Indonesia adalah arabika. Karena serangan penyakit, dikemudian hari diganti dengan liberika dan berganti lagi menjadi robusta.

Selain itu, Indonesia juga dikenal mempunyai varian kopi terbanyak dengan jumlah hampir 100 jenis varian kopi arabika yang tumbuh pada ketinggian 1.200 MDPL. Beberapa diantaranya jenis kopi arabika yang terkenal adalah Gayo Aceh, Sumatera Lintong, Sumatera Solok Minang, Java Estate, Sulawesi Toraja, Papua Wamena dan lain sebagainya. Lebih dari 1 miliar hektar lahan di Indonesia ditanami kopi, dimana 90% pelakunya adalah petani kecil. Salah satu kopi Indonesia yang juga terkenal adalah Kopi Luwak yang diproduksi dengan metode unik.

4. Vietnam

Negara ini juga menjadi salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia, pecinta kopi tentu tidak asing dengan Vietnamese Coffee yang memadukan kopi dan susu. Produksi kopi Vietnam dimulai sejak Prancis mengenalkan minuman kopi di Vietnam pada tahun 1857. Bahkan Vietnam menjadi negara berkembang produsen kopi yang cukup vital di Benua Asia. Negara ini menyuplai kopi sekitar 1.320.000 ton kopi ke seluruh dunia, cukup fantastis bukan?

5. Ethiopia

Negara ini memproduksi 400 juta kg biji kopi pada tahun 2015 dan menjadi negara penghasil kopi nomor lima terbesar di dunia. Para petani setempat lebih tertarik hanya menanam poin kopi dari jenis arabika saja. Itulah kenapa Ethiopia mendapat julukan sebagai rumah kopi arabika. Kopi menjadi sebuah komoditas perkebunan yang sangat penting di Ethiopia selama berabad-abad lamanya. Meskipun kopi atau tanaman kopi memang berasal dari Ethiopia, namun ternyata bangsa Arab lah yang mempopulerkan kopi dan orang Eropa yang menyebarkannya ke seluruh dunia.

6. India

Berdasarkan data yang ada, kopi pertama kali masuk ke India pada tahun 1695 yang dibawa oleh peziarah yang baru saja menyelesaikan perjalanan mereka di Madinah dan Mekkah. Pada tahun 1840, bangsa Inggris mulai membuka perkebunan kopi di India. Hingga kini, sekitar 92% dari pusat penjualan kopi di India terletak di 3 provinsi yaitu Kerala, Tamilnadu dan Karnataka. Sama seperti sejarah dari Indonesia, pada awalnya jenis kopi yang paling banyak dihasilkan oleh India adalah arabika. Namun, saat ini jenis dari robustalah yang paling banyak mendominasi di India dengan jumlah persentase sebesar 64%. Tahun 2015/2016 India memproduksi 350 ribu ton biji kopi, meningkat tipis dari tahun sebelumnya yaitu 326,4 ribu ton.

Ya, itulah beberapa negara penghasil kopi terbesar di dunia. Kopi dapat ditemukan dimana saja, mulai dari warung kecil sampai cafe terkenal. Jaman sekarang banyak yang menganggap tanpa kopi itu seperti ada yang kurang. Pecinta kopi memiliki ragam alasan mengapa begitu mencintai minuman hitam ini. Bisa karena aromanya yang menggoda, cita rasa yang tajam ataupun sensasi kesegaran dan terjaga. Bahkan sebagian mereka mengaku tidak bisa jauh dari kopi.